Halaman

Tuesday, July 2, 2019

PENELITIAN

PEMBUATAN PEMODELAN SISTIM OTOMASI KENDALI BY PASS PENGGUNAAN ENERGI LISTRIK PADA GEDUNG TEKNIK PENERBANGAN DI STPI CURUG TANGERANG



Latar Belakang
      Dalam perkembangan pemanfaatan energi listrik sudah sangatlah luas dan menyeluruh sebagai aktifitas yang penting dalam keseharian. Tidak lepas pula pemanfaatan energi listrik di gedung jurusan penerbangan. Gedung ini mengkonsumsi daya untuk pemanfaatan sebagai penerangan, tata udara / AC (Air Conditioner), Stop kontak dengan stand by daya sejumlah beberapa titik. Dalam pengoperasian dan pemanfaatannya umumnya dilingkungan kampus merupakan penggunaaan self service (melayani diri sendiri) sering terjadi pemanfaatan energi yang tidak effisien dikarenakan ketidaksengajaan lupa mematikan energi listrik yang digunakan. Pada saat ruang-ruang perlantainya terkadang bisa lolos dalam pengamatan setelah penggunaan ruang selesai.
               Untuk itu diperlukan suatu pengaturan kendali terpusat agar pemanfaatan energi listrik dapat effisien dan tepat guna. Indikasi awal dan monitoring dalam pemanfaatan pemakaian listrik sudah selesai digunakan adalah dilakukan dengan pengamatan pada CCTV. CCTV ini umumnya dikonsentrasikan pada sudut ruangan dengan pengamatan menyeluruh. Sehingga jika pada saat ruangan atau area gedung terdapat lampu atau energi listrik dalam kondisi menyala dapat dimatikan secara kendali tersentral.
                  Setiap gedung pastinya ada ruangan sentral yang umumnya dijaga oleh tim keamanan, dalam hal ini sebagai contoh pos keamanan di pintu masuk atau disetiap gedung. Dalam pemeriksaan keamanan secara umum tim keamanan biasanya hanya memeriksa sebagaian kondisi luar gedung atau bangunan dikarenakan keterbatasan personil dan luasnya area yang dipantau. Untuk hal ini selain pengamanatan CCTV maka diperlukan sebuah sistim kendali otomatis dalam memutuskan aliran listrik yang tdak terpakai. Posisi alat ini bertempat pada pos keamanan. Sehingga jika dalam pemantauan ada ruangan yang masih menyala listriknya bisa dipadamkan disentral pos kemanan.
            Selain itu juga dalam fungsi kerja sekuriti akan lebih mudah dalam memonitor selain keamanan juga penggunaan energi listrik secara effisien. Melalui kendali energi listrik ini juga akan memberikan budaya laporan kepada pihak keamanan jika membutuhkan bantuan memadamkan atau menyalakan energi listrik setiap lantai atau per-ruangan.
             Diharapkan dengan Pembuatan Pemodelan Sistim Kendali Otomatis Instalasi Listrik Pada Gedung STPI Curug Tangerang. Selepas dilakukan pembuatan peralatan ini dapat menjadi media trainer untuk taruna dan taruni STPI.


Identifikasi Masalah
1. Bagaimana mengetahui kondisi pemakaian lampu penerangan pada gedung TEKPEN ?
2. Bagaimana mematikan lampu penerangan pada ruangan yang sudah dipakai (Lupa mematikan) ?
3. Bagaimana melakukan pemadaman lampu secara terpusat tanpa memasuki gedung TEKPEN ?


Batasan Masalah
         Sesuai dengan identifikasi masalah tersebut diatas maka perancang membatasi masalah pada “Bagaimana Pembuatan Pemodelan Sistim Otomasi kendali By Pass Penggunaan Energi Listrik Pada Gedung Teknik Penerbangan”


Maksud Dan Tujuan Penelitian
               Berdasarkan pengamatan dalam penggunaan energi listrik harian maka disimpulkan pentingnya pembuatan suatu sistim by pass terpusat jika terjadi kelalaian dalam penggunaan energi listrik.


Metodologi Penelitian
Dalam penyusunan penelitian ini, penulis menggunakan beberapa metode yang membantu dalam proses penyusunan antara lain :

1. Studi Pustaka.
         Memperoleh data dengan cara membaca literasi online melalui website internet dan sumber data lainnya terkait perihal penelitian yang akan dibuat.
2. Metode Observasi.
                 Melakukan observasi langsung ke gedung TEKPEN yang dibahas didalam penelitian ini.
3. Metode Eksperiment.
             Melakukan kegiatan eksperiment membuat perangkat pemodelan sistim dan mensimulasi situasi berdasarkan observasi


Sistimatika Penulisan
             Sistimatika didalam penyusunan penelitian ini digai menjadi lima bab. Masing – masing bab terdiri dari sub bab yang menjelaskan hal – hal yang terkait didalam materi pembahasan hal tersebut. Tahap – tahap yang akan dipaparkan secara lengkap adalah sebagai berikut :

BAB I       :     PENDAHULUAN
       Bab ini akan memberikan gambaran umum yang berisi uraian singkat mengenai latar belakang permasalahan, perumusan masalah, pembatasan masalah, tujuan penelitian, metodologi penelitian dan sistimatika penulisan penelitian.

BAB II       :     LANDASAN TEORI
            Bab ini akan menjelaskan tentang teori pendukung didalam pembahasan penelitian berupa materi dasar tentang teori sistim otomasi menggunakan PLC (Programmable Logic Controller) berkaitan dengan judul penelitian.

BAB III     :     KONDISI SAAT INI DAN KONDISI YANG DIINGINKAN
                Dalam bab ini dibahas tentang kondisi saat ini dan kondisi yang diinginkan dalam perancangan “Pemodelan Sistim Otomasi kendali By Pass Penggunaan Energi Listrik Pada Gedung Teknik Penerbangan.”

BAB IV     :     PENGUJIAN ALAT
         Dalam bab ini dibahas tentang pengujian alat yang digunakan dalam penelitian dan menjelaskan hasil kendali berupa input dan output proses yang dihasilkan dari peralatan yang dibuat

BAB V      :     KESIMPULAN DAN SARAN
                Dalam bab ini disimpulkan hasil dari pembuatan “Pemodelan Sistim Otomasi kendali By Pass Penggunaan Energi Listrik Pada Gedung Teknik Penerbangan.”


LANDASAN TEORI DAN KERANGKA BERFIKIR
               Untuk mendukung penulisan dalam membuat rancangan, maka terlebih dahulu dijelaskan beberapa landasan teori yang mendukung penelitian.
Rangkaian Teori
1. Rangkaian kerja berururtan / Squnce Controller.
2. Komponen listrik terkait pembuatan pemodelan.
3. PLC (Programmable Logic Controller).
4. Bahasa Perograman.

Kerangka Berfikir    
                  Dengan menggunakan teori – teori terkait perancangan sistim pemodelan otomasi. Dan aspek aspek ilmu terkait dengan sistim yang akan dibangun. Dengan pembuatan pemodelan ini akan mengembangkan sistim lama atau konvensional menjadi sistim yang terintegrasi dengan teknologi dan pengembangannya.


KONSEP RANCANGAN
Kondisi Saat ini
                   Dalam pemakaian energi listrik secara umum pada sebuah ruangan, para pengguna akan melakukan self service (melakukan aksi secara langsung) dengan cara menekan tombol saklar ON untuk menyalakan lampu dan menekan saklar OFF untuk mematikan  lampu. Kemudian jika membutuhkan sumber energi dengan cara menyambungkan steaker menuju stop kontak. Dalam kondisi pemakaian umum terkadang kelalaian penggunaan energi terjadi, seperti lupa mematikan lampu yang sudah dinyalakan.

Kondisi yang diinginkan
               Dalam pemakaian energi listrik secara umum pada sebuah ruangan, para pengguna akan melakukan self service (melakukan aksi secara langsung) dengan cara menekan tombol saklar ON untuk menyalakan lampu dan menekan saklar OFF untuk mematikan  lampu. Kemudian jika membutuhkan sumber energi dengan cara menyambungkan steaker menuju stop kontak. Dalam kondisi pemakaian umum terkadang kelalaian penggunaan energi terjadi, seperti lupa mematikan lampu yang sudah dinyalakan.
                 Pada kondisi yang diinginkan dibuatlah suatu peralatan yang berfungsi untuk lakukan pengendalian secara by pass kondisi kelalaian yang terjadi sehingga suatu kondisi hal yang tidak diinginkan tidak akan terjadi. Penggunaan energi listrik secara bertanggung jawab dan lebih efisien.



Reverensi :
1. Proposal penelitian STPI. PEMBUATAN PEMODELAN SISTIM OTOMASI KENDALI BY PASS PENGGUNAAN ENERGI LISTRIK PADA GEDUNG TEKKPEN BARU. Oleh : Ir.Suse Lamtiar,MM dan Robiansyah,ST.
2. Sistim Kontrol Otomatik. oleh Katsukino Ogatta